Sabtu, 10 Oktober 2009

MENGENAL JAMUR



Apakah jamur itu ? Banyak orang mengira bahwa jamur adalah bagian yang serupa payung dan dapat dimakan . Salah besar. Padahal yang serupa payung itu hanyalah bagian kecil dari jamur, yaitu buah jamur yang disebut tubuh buah jamur . Lha kok …kalo gitu mana jamurnya ?
qt jelaskan ..! Jamur sebetulnya adalah jalinan benang benang halus yang disebut hifa(jamak: misellium). Misellium bersembunyi didalam media tanam, bentuknya serupa benang yang amat halus (mikroskopis). Pada saat pertumbuhan Vegetatif benang ini menjalar ke seantero media untuk mencari makan . Caramakan jamur adalah Heterotrofik(memakan makanan yang telah tersedia di lingkungannya) . Jamur tak dapat memproduksi makanannya sendiri Mengapa demikian ? Karena jamur tidak memiliki Klorofil. Pencernaan jamur terjadi di luar sel atau extraseluler. Makanan masuk kedalam sel jamur dengan cara difusi. Itulah sebabnya kenapa kayu keras bisa lapuk jika diserang jamur?
Oh…ya. Apa pungsi tubuh buah jamur ?
Seperti yang disebut kan tadi miselium jamur merambat kemana-mana. Jika ruang gerak nya mulai sempit dan cadangan makanan mulai habis sedang beliau tak bisa kemana-mana maka jamur mengeluarkan jurus ampuhnya. Yaitu membentuk tubuh buah yang berfungsi sebagai alat perkembang biakan , ya tujuannya untuk menyelamatkan jenisnya dari kepunahan dan agar jamur ini tetap bisa bercokol dimuka bumi ampe kiamat kelak. Tubuh buah jamur mampu memproduksi spora yang jumlahnya amat banyak dan amat halus. Saking halus dan ringannya spora jamur mampu terbang kemana-mana terbawa angin ampe jauh
Bagai mana proses terbentuknya tubuh buah jamur? Jika cahaya, suhu, kelembaban , ketersediaan nutrisi yang ideal serta lingkungan yang mendukung misalnya dengan adanya hormone auxin , bagai penganyam ulung miselium jamur mulai membentuk jalinan sehingga terbentuklah sebuah anyaman luar biasa kompleksnya yang entah dengan cara apa membentuk tubuh buah teratur serupa payung, Lihat gambar diatas!
Jadi kesimpulannya jika kita ingin jamur-jamur kita rajin menghasilkan tubuh buah tiap saat perhatikanlah factor apa yang di ingini si cantik jamur tersebut

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda